Pada artikel tentang belajar bahasa
pemrograman C sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana
penggunaan Struktur pada variable.
Kali ini kita akan melanjutkan penggunaan Struktur
pada fungsi. Dalam hal ini fungsi tersebut akan mengembalikan data
yang berupa Struktur. Selain itu pada artikel
ini juga kita akan sama-sama belajar tentang
penggunaan Struktur pada parameter dalam suatu fungsi.
Oke tentu
teman-teman sudah membaca artikel sebelumnya ya tentang Struktur,
berikut linknya: "Strukutur" (Struct) dalam bahasa C. Nah
kali ini kita akan menambahkan fungsi untuk membuat titik tersebut
bergerak, bergerak dalam hal ini nilai x dan y akan bertambah atau
berkurang. Berikut sourcecode programnya:
#include <stdio.h> struct titik { int x; int y; }; struct titik gerak(struct titik koordinat, int arah) { switch (arah) { case 0: koordinat.x --; break; case 1: koordinat.y ++; break; case 2: koordinat.x ++; break; case 3: koordinat.y --; break; } return koordinat; } void main() { struct titik koordinat; koordinat.x = 5; koordinat.y = 10; printf("titik terletak pada: %d, %d\n", koordinat.x, koordinat.y); koordinat = gerak(koordinat, 1); printf("titik terbaru pada: %d, %d\n", koordinat.x, koordinat.y); printf("\n --- end of code --- \n"); }
perhatikan fungsi gerak pada sourcecode diatas:
struct titik gerak(struct titik koordinat, int arah) { switch (arah) { case 0: koordinat.x --; break; case 1: koordinat.y ++; break; case 2: koordinat.x ++; break; case 3: koordinat.y --; break; } return koordinat; }
Seperti halnya fungsi-fungsi pada umumnya yang mempunyai return value atau
ada nilai yang dikembalikan dari fungsi itu maka tipe dari nilai itu
dituliskan didepan nama fungsi, begitu pula dengan fungsi yang akan
mengembalikan nilai yang berupa Struktur titik. Sehingga pada
fungsi tersebut dituliskan struct titik gerak(struct
titik koordinat, int arah), pada
bagian yang digaris bawahi menandakan bahwa syntax tersebut
adalah tipe data, kira-kira seperti itu penggunaanya dalam fungsi.
Perhatikan pula cara pemanggilannya karena yang dikembalikan berupa
Struktur titik maka bisa langsung dimasukan pada variable
koordinat yang bertipe Struktur titik seperti syntax
berikut:
.... struct titik koordinat; .... koordinat = gerak(koordinat, 1); ....
Oke bagaimana
dengan penggunaannya pada array???... berikut contoh
sourcecode-nya:
#include <stdio.h> struct titik { int x; int y; }; void print_koordinat(struct titik koordinat[], int jum_data) { int i = 0; for (i=0; i<jum_data; i++) { // cara melakukan pemanggilan pada struktur titik printf("titik ke-%d: %d, %d\n", i+1, koordinat[i].x, koordinat[i].y); } } void main() { // cara memasukan data pada struktur titik struct titik koordinat[6] = { {5, 10}, {6, 9}, {7, 8}, {8, 7}, {9, 6}, {10, 5} }; print_koordinat(koordinat, 6); printf("\n --- end of code --- \n"); }
Oke sekian dulu untuk artikel kali ini, kita jumpa lagi diartikel berikutnya. :)
Terima kasih, semoga bermanfaat.
artikelnya bermanfaat kak, ini sya jga punya artikel tentang Tipe Data Struct dalam Bahasa C, smoga dpt saling melengkapi
BalasHapusTipe Data Struct (Struktur) dalam Bahasa C
Kumpulan Materi Bahasa C, Lengkap dengan contoh program